"Tantangan dan Peluang Karir Bagi Lulusan Administrasi Perkantoran"

 


Halo semua, kalian pasti sering melihat kan di film, series, drama dan semacamnya tentang kegiatan pekerjaan di kantor? pastinya yang kalian lihat dan bayangkan tidak seindah dan semulus kenyataannya ya. Mungkin yang kalian lihat hanya bagian mudahnya dan sedikit masalahnya tapi diluar itu ada banyak sekali tantangan yang harus dihadapi oleh para pekerja kantoran termasuk lulusan dari sebuah jurusan Administrasi Perkantoran, tapi banyak juga loh peluang karir bagi lulusan Administrasi Perkantoran. Nah disini kita akan bahas mengenai apa aja sih tantangan dan peluang karir dari lulusan Administrasi Perkantoran, mari kita bahas.

A. Tantangan

Bagi seorang lulusan Administrasi Perkantoran, pasti memiliki segudang masalah dalam menemukan perusahan yang dapat menjadi tempat kita bekerja untuk mempraktikkan apa yang sudah dipelajari selama duduk dibangku kuliah, sebelumnya pasti kita sudah merasakan yang namanya magang, namun posisi magang akan sangat berbeda jika kita sudah menjadi karyawan tetap di sebuah perusahaan, karena tugas yang diemban akan lebih banyak dan serius daripada saat kita magang hanya mengerjakan beberapa tugas yang tidak terlalu banyak, bahkan terkadang kita hanya membantu pekerjaan karyawan tetap disana. Tapi berbeda jika kita akan masuk ke dalam sebuah perusahaan untuk menjadi karyawan tetap maupun kontrak.

Tantangan pertama yang akan dihadapi pada umumnya ialah saat mencari lowongan pekerjaan, pada fase ini mungkin kita dibuat frustasi dalam menemukan perusahaan yang membutuhkan pekerja sesuai dengan kriteria yang diinginkan, tapi teman-teman jangan pernah takut untuk mencoba melamar di lowongan sebanyak-banyaknya, ya karena kita tidak akan tahu perusahaan mana yang akan melirik kita dan memanggil untuk ke tahap selanjutnya.

Tantangan kedua biasanya ada pada saat seleksi ataupun interview kita akan menemukan banyak pesaing-pesaing yang kemungkinan memiliki skill yang diatas kemampuan kita, tapi kita tidak boleh berkecil hati ataupun menjadi minder saat berhadapan dengan mereka, karena kita juga harus percaya pada kemampuan yang kita miliki bahwa kita mampu dan yakin bisa menjalankan pekerjaan dengan baik dan efisien.

Tantangan ketiga pada saat sudah menjadi karyawan tetap, teman-teman akan berhadapan langsung dengan setumpuk tugas dan pekerjaan internal yang mungkin tidak ditemukan saat menjadi pemagang sebelumnya. Kita akan dikejar oleh tenggat waktu untuk menyerahkan pekerjaan dalam waktu sesedikit mungkin, agar dapat mengerjakan pekerjaan yang lain. Disini kita akan mempraktikkan apa saja yang telah dipelajari saat kita dibangku kuliah, untuk mengerjakan pekerjaan kantor secara efektif dan efisien.

Tantangan keempat ini adalah jika kita akan menjadi seorang Sekretaris, seorang Sekretaris harus memiliki insting yang kuat dan cakap dalam mengerjakan segala hal karena Sekretaris akan berhubungan langsung dengan atasan yang tinggi, seperti Direktur ataupun CEO. Kita harus bisa memberikan solusi-solusi untuk atasan pada saat situasi rumit, kita akan dituntut selalu siap untuk segala hal kemungkinan yang akan terjadi kedepannya. 

Itulah beberapa tantangan yang mungkin akan dihadapi oleh lulusan Administrasi Perkantoran. 

B. Peluang

Banyak sekali peluang yang didapat oleh seorang lulusan Administrasi Perkantoran karena di setiap perusahaan atau organisasi pasti akan membutuhkan seorang admin untuk mengelola pekerjaan kantor. Berikut beberapa peluang yang didapatkan oleh lulusan Administrasi Perkantoran:

1. Staf Administrasi

Tentu saja kita tidak akan jauh dari profesi satu ini karena memang ini adalah bidang dasar dari jurusan kita. Tugas utamanya antara lain, melakukan berbagai pelayanan kantor yang berkaitan langsung dengan Administrasi untuk mendukung keberhasilan operasional perusahaan.

2. Sekretaris

Pada profesi ini lebih banyak diminati oleh perempuan dan perusahaan yang mencari Sekretaris perempuan, dikarenakan tingkat keuletan dan ketelitian perempuan yang selalu dinilai lebih baik, tapi tidak jarang juga loh laki-laki menjadi Sekretaris karena memang skill dan kemampuan yang lebih baik juga. Tugas utama seorang Sekretaris adalah menyaring informasi tentang hubungan dengan bisnis perusahaan bagi pimpinan dan menjadi media perekam, penyimpan dan pengingat kegiatan pekerjaan pimpinannya.

3. Tenaga Pengajar

Jurusan Administrasi Perkantoran tidak hanya dibangku kuliah saja. Namun, tersedia juga di tingkat SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan yang befokus pada bidang kejuruan saja. Sehingga, akan banyak membutuhkan banyak guru SMK untuk jurusan Administrasi Perkantoran yang memiliki kompetensi pada bidang Administrasi Perkantoran.

4. Event Organizer

Untuk kalian yang suka membuat acara atau mengadakan sebuah kegiatan bisa dicoba menjadi event organizer mandiri. Karena untuk membuat sebuah acara atau kegiatan bisa berjalan dengan lancar dan sukses dibutuhkan keahlian dalam bidang administrasi yang baik. Oleh karena itu, lulusan Administrasi Perkantoran memiliki peluang besar dalam bidang karir ini.

5. Staf Personalia

Terakhir, kamu juga bisa berkarir sebagai staf personalia. Karir ini memiliki tanggung jawab pada beberapa hal seperti database karyawan, payroll, atau pembayaran-pembayaran lainnya. Staf personalia akan berhubungan dengan Administrasi Perkantoran, terutama mengurus administrasi para karyawan perusahaan.

Nah itu dia tantangan dan peluang dari lulusan Administrasi Perkantoran, dibalik itu semua kuncinya hanya satu, yaitu percaya pada kemampuan diri kita sendiri dan mau terus belajar dan mengupgrade skill yang kita miliki. Jangan pernah malu jika tidak bisa, tapi malulah saat kita tidak mau belajar untuk bisa.


By : Syahla (Anggota Divisi Keilmuwan)


Sumber : https://news.bsi.ac.id/2022/02/22/peluang-karier-administrasi-perkantoran/ 



Komentar

Postingan Populer